Bakesbangpol Kaltim-Kutim Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi Pelajar

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbamgpol) Kaltim yang difasilitasi oleh Bakesbangpol Kutai Timur (Kutim) menggelar Sosialisasi Penguatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan melalui jaringan Online atau Daring, Selasa (17/11/2020) pagi.

Sosialisasi tersebut diikuti sekitar 500-an pelajar tingkat SLTA di Kutim dan berlangsung d Ruang Video Conference Dinas Kominfo Kutim, Pukul 09.00 Wita.

Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta nilai-nilai patriotisme pada generasi muda di Kutim.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk mempertebal rasa cinta tanah air serta meningkatkan semangat kebangsaan dikalangan remaja,” terang narasumber dari Badan Bakesbangpol Kaltim Syafrudin Pernyata.

Dijelaskan, wawasan kebangsaan penting bagi generasi muda karena merupakan bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu dan berdaya saing, serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap Tanah Air. Sesuai Permendagri Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

“Wawasan Kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya, yang didasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan nasional, dengan semakin kuat dan kokohnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan, diharapkan dapat menjadi benteng kokoh dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan dari berbagai pengaruh, utamanya perkembangan teknologi dan informasi yang tidak dapat kita hindari,” jelasnya.

sumber : aktualborneo.com

Add Comment