Kegiatan Rakor TP3D untuk Mendukung Suksesnya Pilkada Serentak 2020

BALIKPAPAN- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbagpol) Provinsi Kaltim menggelar rapat koordinasi (Rakor) Tim Pemantau Perkembangan Politik di Daerah (TP3D) dengan seluruh anggota TP3D Prov. Kaltim dan anggota TP3D Kab/Kota se Kaltim terdiri dari Sekretaris Daerah Kab/Kota se Kaltim, Kepala Badan/Kantor Kesbangpol Kab/Kota, Kepala Dinas Kominfo Kab/Kota, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kab/Kota , Kepala Satpol PP Kab/Kota , Kapolres , Dandim , Ketua KPU Kab/Kota , Ketua Bawaslu Kab/Kota , dan Kepala Bidang Poldagri Kab/Kota se Kaltim dengan jumlah peserta sekitar 125 orang.

Rapat Koordinasi TP3D se Kalimantan Timur Tahun 2020 dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekdaprov Kaltim HM Sa’bani selaku Pembina Tim Pemantauan Perkembangan Politik di Daerah (TP3D) Provinsi Kaltim.
Sa’bani mengatakan sebagaimana di ketahui, pada 23 September tahun ini, bangsa Indonesia kembali akan menggelar hajatan besar yang akan menjadi perjalanan sejarah di negeri ini.
“Hajatan besar itu adalah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang akan memilih kepala dan wakil kepala daerah di masing-masing wilayah untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Sembilan dari sepuluh kabupaten/kota di Kalimantan Timur akan menggelar Pilkada,” kata Sa’bani dihadapan peserta Rakoor TP3D se Kaltim, yang bertempat di Hotel Platinium Balikpapan (9/3/2020).
Sa’bani juga meminta proses Pilkada di Kaltim, boleh panas, tetapi jangan sampai mengganggu, apalagi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Karena keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan hal utama dan wajib dipertahankan dalam kondisi apapun.

Sementara Ketua Panitia Rakor, Abdul Munif menyebut tujuan kegiatan untuk memastikan komitmen dan dukungan seluruh unsur TP3D dalam rangka menjaga kondusivitas daerah menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Munif menjelaskan Rakor TP3D yang dilaksanakan dalam bentuk rapat pertemuan, pengarahan dan penyampaian materi kemudian dilanjutkan dengan diskusi/tanya jawab dipandu oleh Pimpinan Rapat Plt Asisten I Sekprov Kaltim, Moh Jauhar Efendi dengan pemateri Ditjen Polpum Kemendagri yang diwakili oleh Direktur Kewaspadaan, KPU Kaltim, serta diskusi dan tanya jawab yang dipandu pimpinan rapat.

Add Comment