Dialog Interaktif dengan tema “Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pilkada serentak 2020” di RRI Samarinda

Rabu, 02 September 2020 RRI Samarinda melaksanakan dialog interaktif dengan tema “Peningkatan partisipasi masyarakat dalam pilkada serentak 2020” melalui aplikasi zoom meeting/by phone. Bertindak sebagai narasumber, Plt. Kepala badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov. Kaltim (Drs. Deni Sutrisno, M.Si), Komisioner KPU Prov. Kaltim (Mukhasan Ajib), KPU Samarinda (Firman Hidayat), Pengamat Politk dari Universitas Mulawarman (Muh. Jamal Amin), KPU Kutai Barat (Arkadius Hanye). dengan pembawa acara dari RRI (Metalianda).

Pada kegiatan dialog interaktif ini bertujuan untuk memberikan informasi bagi masyarakat luas agar informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada 2020 dapat tersampaikan kepada masyarakat meskipun sedang terjadi pandemic COVID-19.

Plt. Kepala Kesbangpol Prov. Kaltim  Bapak Deni Sutrisno menuturkan bahwa dalam pelaksanaan pilkada pada masa pandemic COVID-19 berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Karena pada Pilkada kali ini harus menerapkan protokol Kesehatan (wajib memakai masker dan menyediakan cuci tangan) serta menghimbau bagi pejabat ASN untuk menjaga netralitas dalam pilkada 2020.

Lebih lanjut pak Deni Sutrisno menghimbau kepada semua pihak agar mengantisipasi ujaran kebencian/hoax yang belakangan semakin marak terjadi di media sosial.

Dan meminta kepada KPU untuk pemutakhiran data harus benar-benar valid agar jangan sampai terjadi duplikasi data karena di wilayah Kaltim khususnya ada 7(tujuh) daerah yang perbatasannya masih belum ada kesepakatan.

Dalam menjelang pilkada 2020 Pemprov Kaltim dalam hal ini  Badan Kesbangpol terus melakukan sosialisasi-sosialisasi yang bertujuan agar partisipasi pemilih di wilayah Kaltim meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, yang targetnya lebih dari 60%.

Add Comment