Rapat pengawasan Ormas dalam rangka menjaga kondusifitas Daerah

Senin, 07 September 2020 pukul 10.00 WITA bertempat di Hotel Senyiur Samarinda telah Dilaksanakan Rapat pengawasan Ormas dalam rangka menjaga kondusifitas daerah. Rapat dihadiri oleh Kesbangpol Kaban Kota samarinda, Kaban Kesbangpol Kota Balikpapan, Tim Terpadu Pengawas ormas yang diantaranya dari Plt Kaban Badan Kesbangpol Prov. Kaltim, FKUB,  Kemenkumhanm Prov. Kaltim, Polda Kaltim, Satpol PP dll.

Acara dibuka oleh Plt Kaban Kesbangpol Prov. Kaltim bapak Deni Sutrisno yang menyampaikan telah terjadi penolakan oleh persatuan Ormas di Kaltim atas keberadaan  Ormas Pemuda Batak Bersatu yang terjadi di Kota Balikpapan.Laporan dari Kemenkumham bahwa Ormas Pemuda Batak Bersatu juga telah berbadan hukum dan terdaftar di Kemenkumham. Sebagai Pemerintah Daerah pak Deni menjelaskan bahwa secara Hukum pemerintah tidak berhak menolak atau membubarkan ormas selama ormas tersebut tidak melakukan pelanggaran hukum.

Selanjutnya Kaban Kesbangpol kota Balikpapan bapak I Ketut Rasna mengatakan telah melakukan koordinasi dengan Persatuan Batak karena adanya penolakan akan keberadaan ormas Pemuda Batak Bersatu. Dan Pemuda Batak Bersatu meminta ijin kepada Pemda untuk berkomunikasi langsung dengan Ormas-ormas lokal yang ada di Balikpapan. Perkembangan situasi sekarang Ormas Pemuda Batak Bersatu telah melakukan cooling down dengan menurunkan berbagai atribut dan menghentikan semua kegiatannya untuk sementara waktu.

Dalam rapat tersebut Plt Deni Sutrisno menyimpulkan  bahwa Kesbangpol sebagai Pemerintah Daerah akan menjembatani, melakukan mediasi dan  dialog atas aksi penolakan yang terjadi dan melakukan pembinaan terhadap semua ormas khususnya kepada ormas Pemuda Batak Bersatu agar kedepannya semua ormas dapat sejalan dalam membantu pembangunan bangsa dan negara.

Add Comment