Pilkada Serentak 2020 Tetap Digelar pada 9 Desember

Setiap tahapan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Serentak 2020 masih berlangsung sesuai jadwal yang ditentukan. Pemungutan suara tetap dijadwalkan digelar pada 9 Desember 2020. Dengan demikian, belum ada kemungkinan penundaan pilkada.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menegaskan sampai sekarang KPU tetap berpedoman pada Peraturan KPU (PKPU) 5/2020 terkait tahapan, program, dan jadwal pilkada.

Berikutnya Undang-Undang (UU) 6/2020 menyangkut pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19. “KPU tetap berpedoman pada PKPU 5/2020 dan UU 6/2020. Sepanjang belum ada keputusan lain, tentu KPU wajib melaksanakannya (pilkada),” kata Raka saat diskusi, di Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Raka menuturkan seluruh pihak tentu menginginkan pilkada tidak menuruan kualitas demokrasi, meski dilaksanakan saat pandemi Covid-19. Menurut Raka, KPU juga berharap partisipasi masyarakat terjaga. Kemudian tampil para pemimpin di daerah masing-masing yang secara demokratis dipilih rakyat.

Raka menambahkan kerja sama setiap komponen bangsa sangat penting agar pilkada berjalan optimal. “Sekarang tahapan proses verifikasi syarat bakal pasangan calon, dan dalam waktu dekat akan ditetapkan pasangan calon. Kami terus melakukan langkah-langkah koordinasi. Pilkada ini akan berhasil dengan bantuan seluruh pihak,” imbuh Raka.

Pada bagian lain, Raka mengingatkan para pemilih agar tidak membawa anak-anak di bawah umur saat proses pemungutan suara. “Kami akan sosialisasikan supaya dalam pemungutan suara nanti, anak di bawah umur sedapat mungkin tidak diajak ke tempat pemungutan suara,” kata Raka.

Sumber:BeritaSatu.com

Add Comment