Buka Rakornas Forkopimda, Jokowi Ingatkan Sinergi Antarpimpinan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Koordinasi Nasional Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia. Jajaran kepala daerah hadir dalam acara tersebut.

Acara digelar di Sentul Internasional Convention Center, Bogor, Rabu (13/11/2019). Jokowi mengingatkan jajaran pimpinan daerah bisa bersinergi dan berkomunikasi dengan baik.

“Penting sekali hubungan harmonis Forkopimda di daerah. Penting sekali komunikasi Gubernur dengan Kapolda, Gubernur dengan Pangdam, Gubernur dengan Kajari, Gubernur dengan Kepala Pengadilan Tinggi, penting sekali dijalin,” kata Jokowi membuka rakornas.

Jokowi mengingatkan keharmonisan antar-pimpinan daerah sangat penting. Bila tidak, menurut Jokowi, akan timbul masalah.

“Kalau salah satu tidak rukun, akan jadi masalah besar menangani di daerah,” sebutnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan Rapat Koordinasi Nasional Indonesia Maju digelar dalam rangka sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Selain arahan Presiden Jokowi, sejumlah menteri, KPK, BKP, Kapolri, hingga Panglima TNI akan memberikan sambutan.

“Besok, kita rakor nasional. Namanya Rakornas Indonesia Maju pemerintah pusat dan daerah. Forkopimda. Nanti yang hadir hampir 3.000, mulai dari kepala daerah tingkat I, tingkat II, gubernur, bupati, wali kota ya. Kemudian ada Ketua DPRD tingkat I, tingkat II, ada Pangdam, Dandim, Danrem, lalu Kajari, juga Kapolres. Intinya adalah arahan dari Bapak Presiden, para menteri, sejumlah menteri, menko, lalu KPK, BPK, penegak hukum, Panglima TNI, Kapolri, yang tujuan utamanya adalah menyinergikan dan mensinkronisasikan visi-misi dan rencana pembangunan 5 tahun ke depan, dari pusat disesuaikan di daerah,” ucapnya.

sumber : detik.com

Add Comment