Cegah Politik Uang, Bawaslu Gelar Patroli Pengawasan

Badan Pengawas Pemilu akan melakukan patroli pengawasan selama hari tenang, menjelang pemungutan suara, 17 April 2019 mendatang. Bawaslu akan mengerahkan seluruh sumber dayanya untuk melakukan patroli agar mencegah politik uang.

“Salah satu cara kami untuk mencegah politik uang dan serengan fajar adalah melakukan potroli pengawasan pada hari tenang khususnya malam dan pagi sebelum hari pemungutan suara,” ujar Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, Jakarta, Senin (1/4/2019).

Patroli pengawasan ini, kata Fritz, akan dilakukan oleh pengawas di lapangan dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Jika ada pihak yang melakukan politik uang, maka segera ditangkap dan ditindaklanjuti.

“Kami juga berharap masyarakat segera melaporkan jika menemukan oknum-oknum yang melakukan politik uang atau serangan fajar. Kontrol dari masyarakat juga sangat penting,” tandas dia.

Pada Pilkada Serentak 2018, kata Fritz, Bawaslu melakukan patroli pengawasan dan terdapat beberapa orang yang ditangkap dan ditahan. Hal ini dilakukan untuk menciptakan efek jera.

“Kami juga akan lakukan hal yang sama, jika ada yang lakukan politik uang akan ditangkap. Dan ingat, jika politik uangnya terbukti terkait peserta pemilu, maka yang bersangkutan bisa dipidana dan dibatalkan pencalonannya,” pungkas dia.

Sumber: BeritaSatu.com

Add Comment