Kampanye Pilgub Kaltim Berjalan Lancar dan Damai

Samarinda (9/4)  – Tahapan Pilkada Serentak 2018 di Kaltim yang  memasuki masa kampanye,   berjalan lancar dan damai. Walaupun ada beberapa masalah di lapangan, namun semua bisa diatasi sehingga tidak menjadi hambatan berarti terhadap kegiatan kampanye oleh empat pasangan calon.

Pada Pilkada Serentak tahun ini, Kaltim menggelar pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara  (PPU) dan masing-masing pasangan telah melakukan kampanye sesuai aturan.

Kepala Kesbangpol Kaltim, Yudha Pranoto mengatakan  sesuai dpemantauan oleh jajaran Kesbangpol di 10 kabupaten/kota, hingga kini situasi dan kondisinya berjalan lancar dan damai.

“Jajaran kita yang tersebar di 10 kabupaten/kota terus melakukan pemantauan terkait kampanye yang dilakukan oleh Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur dan Paslon Bupati dan Wakil Bupati PPU,” kata Yudha Pranoto, didampingi Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Abdul Munif, di Samarinda, Senin (9/4).

Dia mengatakan pemantauan dan laporan tentang berbagai peristiwa kampanye dan hal-hal tentang Pilkada Serentak tidak luput dari pemantauan  petugas di kabupaten/kota yang kemudian dilaporkan kepada provinsi.

Pemprov Kaltim dan kabupaten/kota membentuk gugus tugas, yakni Desk-Pilkada yang betugas 24 jam untuk memantau setiap perkembangan Pilkada, sehingga segala peristiwa dapat diketahui sedini mungkin.

“Hal ini penting karena semua laporan dari berbagai daerah akan segera diketahui oleh provinsi dan jika ada hal yang perlu ditindaklanjuti oleh Gubernur atau Sekretaris Provinsi, maka laporan tersebut akan menjadi bahan petimbangan,” kata Yudha.

Harapannya tentu, Pilkada berjalan lancar hingga pencoblosan pada 27 Juni mendatang dan terpilih pemimpin Kaltim dan PPU untuk masa bhakti 2018-2023.

Seperti diketahui empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim yang berlaga, yakni pasangan Nomor, 1  – dr. H. Andi Sofyan Hasdam, Sp.S dengan H Rizal Effendy.  Nomor 2 – H. Syaharie Jaang, SH, M.Si. dengan H. Awang Ferdian Hidayat, MM. Nomor 3 adalah Dr. Ir. H. Isran Noor, MSi dengan H. Hadi Mulyadi S.Si, M.Si.  Nomor 4 – Ir. H. Rusmadi, MS, Ph.D  dengan Drs. Safaruddin, SH.

Sementara itu, Paslon Bupati PPU yang bersaing adalah, Nomor 1, Pasangan Drs.Mustaqim MZ, MM  dengan Sofyan Noor ST. Nomor 2, Pasangan H. Andi Harahap S.Sos dengan Fadli Imawan dan Nomor 3, Pasangan  H.Abdul Gofur SE dengan Ir H. Hamdan. (kuro/nif).

Add Comment