Kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara bagi pelajar SLTA dan Mahasiswa

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov. Kaltim menggelar kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara bagi pelajar SLTA dan Mahasiswa se Samarinda.

Acara dibuka Oleh Gubernur Kaltim yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Yudha Pranoto di Aula Bina Bangsa.

Panitia Pelaksa menyatakan, acara tersebut untuk mendorong dan menumbuhkembangkan sikap seluruh komponen masyarakat agar dapat memaknai lebih mendalam akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Hal tersebut diwujudkan dengan menumbuhkan kembali semangat nasionalisme dan cinta kepada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal bela negara.

Gubernur Kaltim dalam sambutannya berpesan kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-sebaiknya.

“Semoga para peserta dapat memperoleh informasi yang akurat tentang pendidikan pengetahuan bela negara sehingga nantinya menjadi pelopor dan penyebar informasi kepada seluruh masyarakat di Kaltim,”

Menurut dia, bela negara merupakan sikap dan perilaku bagaimana mencintai negara sesuai dengan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara yang syarat-syaratnya diatur dalam Undang-undang.

Ditambahkannya, spektrum bela negara sangat luas, banyak peran yang bisa dilakukan untuk bela negara.

“Sebagai pelajar, banyak hal yang sangat sedehana untuk bela negara, misalnya taati peraturan lalu lintas, taat dan patuh kepada orang tua, serta para guru di sekolah,” pesannya.

Gubernur mencontohkan hal yang sederhana, jika semua pelajar pada saat yang bersamaan tidak menaati peraturan lalu lintas saat sedang berada di jalan raya, besar kemungkinan akan terjadi tawuran.

Ditambahkannya, bela negara bagi para pegawai yaitu dengan bekerja sesuai porsi dan tugas masing-masing, selain itu, bertindak dan bersikap sesuai etika dan norma yang ada.

Turut hadir, Kepala Badan Kesbangpol Prov. Kaltim, Undangan dari SKPD Prov. Kaltim, Para Narasumber, para guru Pendamping Siswa, dan ratusan pelajar dari berbagai SLTA dan Mahasiswa di Samarinda.

Add Comment