Kesbangpol Sosialisasi Pilgub di Kukar

SAMARINDA (9/4) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim melakukan sosialisasi tentang Pemilihan Gubernur Kaltim dalam rangkaian Pilkada Serentak 2018, yang kali ini berlangsung di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara yang dijadwalkan pada Selasa, 10 April 2018.
Sosialiasi tersebut rencananya dihadiri Penjabat Sekretaris Provinsi Kaltim, Dr Hj Meiliana, sekaligus membuka dan memberi arahan kepada seluruh peserta sosialisasi yang terdiri atas organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, perempuan, paguyuban, tokoh adat dan pemilih pemula.
Kepala Kebangpol Kaltim, Yudha Pranoto, mengatakan sosialisasi tersebut merupakan bagian dari dukungan pemrintah pemerintah untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran rakyat untuk berdemokrasi.
“Kita berharap melalui sosialisasi ini, masyarakat Kaltim lebih tahu tentang demokrasi dan pentingnya memilih pemimpin untuk pembangunan daerah lima tahun ke depan, melalui Pillkada Serentak 2018,” kata Yudha Pranoto, didampingi Kepala Bidang Politik Dalam Negeri, Abdul Munif, di Samarinda, Senin (9/4).
Yudha menjelaskan sosialisasi ini penting karena dengan kegiatan tersebut diharapkan para peserta sosialisasi mengerti, selanjutnya menyampaikan pesan tentang Pilkada kepada khalayak ramai sesuai dengan konstituen masing-masing. Dengan demikian peserta sosialisasi tersebut akan menjadi agen-agen Pilkada, dengan harapan partisipasi Pemilih Kaltim tahun ini lebih tinggi.
Sesuai dengan target nasional, partisipasi pemilih Pilkada Serentak tahun ini adalah 77,5 persen. Angka tersebut cukup tinggi untuk Kaltim, karena partisipasi pemilih Kaltim pada Pilkada Serentak 2015 hanya 59 persen.
“Kita harus kerja keras untuk mencapai partisipasi pemilih dari 59 persen menjadi 77,5 persen. Karena itu diharapkan sosialisasi ini tidak berhenti di sini, namun akan terus berlanjut ke lapisan masyarakat lainnya, yang dilakukan oleh para peserta sosialisasi,” kata Yudha.
Selain di Kukar, sosialisasi Pilgub 2018 juga sudah dilakukan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada 6 Maret dan di Kutai Timur pada 28 Maret 2018 yang diikuti 100 hingga 120 peserta. (kuro/nif).

Add Comment