Mendagri Imbau Pemilih Pemula Jangan Golput di Pemilu

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan terdapat 5 ribu anak yang berusia 17 tahun saat Pilpres 2019. Ia mengimbau para pemilih pemula itu untuk proaktif dan jangan golput dengan ikut memberikan hak suaranya.

“Hanya permasalahannya, kan nggak mungkin Dukcapil daerah mendatangi yang 3-5 ribu tadi. Mudah-mudahan mereka pro aktif datang ke TPS,” ujar Tjahjo, di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (6/8/2018).

Diketahui, bagi masyarakat yang berusia 17 tahun pada saat hari pemungutan suara, maka ia berhak menggunakan hak pilihnya dalam Pileg dan Pilpres 2019. Pemilihan sendiri nantinya akan berlangsung pada 17 April 2019.

Tjahjo mengatakan, saat ini warga yang telah melakukan perekaman KTP elektronik telah mencapai 97,2 persen. Menurutnya saat ini pihak Kemendagri telah berkeliling untuk mendata perekaman e-KTP, termasuk kepada WNI yang tinggal di luar negeri.

“Datanya ada, sekarang sudah 97,2 persen (yang sudah merekam ektp). Tim kami sudah keliling dunia juga untuk mendata,” kata Tjahjo.

Menurutnya, saat ini jumlah KTP ganda masih mencapai 2 juta orang. Ia meminta masyarakat untuk dapat melaporkan dan memberitahukan domisilinya saat ini.

“Yang dobel-dobel masih 2 juta loh data KTP ganda. Sepanjang dia tak mau melapor dan memastikan dia domisili di mana kan akan sulit, itu saja,” tuturnya.

Add Comment