Sosialialisasi pada pemilih pemula, perempuan dan disabilitas

BERAU, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov. Kaltim kembali menyelenggarakan sosialisasi Pilkada serentak 2020 untuk pemilihan bupati dan wakil bupati, dan/atau walikota dan wakil walikota
tahun 2020, Rabu (06/11/2019). Sosialialisasi dikhususkan pada pemilih dari tiga basis yang meliputi basis pemula, perempuan dan disabilitas.
Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WITA di Imperial exlusive Ballroom Jl. AKB Sanipah 2 Tanjung Redeb Berau ini menghadirkan tiga narasumber. Yakni, pertama Ketua KPU Kaltim Rudiansyah SE, kedua Kasubdit pendidikan etika & budaya politik, ditjen polpum kemendagri, Cahyo Ariawan, SH, MM, ketiga Drs. Deni sutrisno, M.Si, karo ppod prov. Kaltim.

Sebagai pemateri pertama, Ketua KPU Kaltim Rudiansyah SE menyampaikan sosialisasi tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pilkada serentak 2020, sedangkan Cahyo Ariawan sebagai pemateri kedua menyampaikan tema peningkatan partisipasi pemilih pada pilkada serentak tahun 2020. sebagai
Kasubdit pendidikan etika & budaya politik, ditjen polpum kemendagri, mengatakan Pendidikan politik sangat penting untuk masyarakat guna memberikan pedoman kepada masyarakat utk meningkatkan kesadaran akan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan pancasila dan UUD 45, termasuk pada hari ini, Rabu (06/11/2019), yang di fokuskan kepada tiga basis yaitu pemilih pemula, perempuan dan disabilitas.
“Sebenarnya ada 11 basis, dan seluruh basis sudah diberikan sosialisasi, dengan waktu yang berbeda. Namun, untuk hari ini hanya tiga basis yang menjadi peserta sosialisasi,” ungkapnya.
Sedangkan pemateri ketiga bapak Deni Sutrisno menyampaikan tema dukungan pemerintah dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020, yang mengatakan pemerintah daerah siap mendukung pelaksanaan pilkada serentak 2020 agar berjalan lancar dan sukses.

Selanjutnya di sesi penutup Kepala Badan Kesatuan bangsa dan politik Prov. kaltim menuturkan, kegiatan sosialisasi akan terus dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik hingga menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pilkada serentak 2020 mendatang. Hal ini guna memenuhi target partisipasi yang diharapkan, yakni mencapai 77,5 persen.

Add Comment