Sosialisasi Indeks Demokrasi Indonesia (IDI)

Balikpapan – Bertempat di Hotel Grand Tjokro Balikpapan Kalimantan Timur(29/8/19), di adakan Sosialisasi Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) bagi Aparatur Se-Kalimantan Timur.
Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada aparatur pemerintah di Kaltim, untuk mendorong pemikiran mendefinisikan dan mendeskripsikan cara terbaik dalam praktek demokrasi di Indonesia, khususnya di Kaltim. Kegiatan Sosialisasi ini juga merupakan salah satu kegiatan rutin yang di adakan oleh Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov.Kaltim. “Tujuannya untuk memperkuat konsolidasi dan budaya demokrasi di Kaltim,” ujar Ketua Panitia Abdul Munif.
Sementara Plt Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemprov Kaltim, Mohammad Jauhar Efendi menuturkan, penilaian IDI sangat penting untuk mengetahui tingkat demokrasi di Kaltim. “Menurut saya sangat penting untuk mengetahui sampai sejauh mana kehidupan berdemokrasi di Kaltim,” ucap Mohammad Jauhar Efendi.
Mohammad Jauhar Efendi mengakui,Tahun 2015 Kaltim pernah menduduki ranking tiga penilaian IDI dan sekarang menduduki peringkat ke 16 se-Indonesia.
Oleh karena itu, harus ada kerja keras dari pemerintah kabupaten/kota untuk meningkatkan penilaian IDI tersebut.
“Semua elemen baik pemerintah maupun masyarakat juga harus terlibat dalam meningkatkan indeks demokrasi di Kaltim,” pungkasnya

Add Comment